Selasa, 28 Februari 2012

Delphi – Membuat Loading Progress



Untuk Saat ini kita akan membahas bagaimana membuat form loading atau progress bar. Dimana temen temen bisa menyelipkan form ini setelah form login sebelum memasuki form menu utama *hmmm. membuat tampilan yang atraktif merupakan kunci sukses Program Cantik dan disenang *hehehehe. Dah jangan lama lama nanti keburu telat ngantor nich *owowowowowo. Monggo Disimak ya Temen Temen Semua.
Hari ini kita akan menggunakan component yang baru kemarin kita pelajari yakni Timer dan tambahan Component hari ini adalah component Progress Bar yang bisa temen temen dapatkan di Tab Win32 (lihat gambar dibawah ini).
Progress Bar terdapat pada tab Win 32
Komponen Progress Bar inilah yang akan membuat tampilan loading untuk masuk ke menu utama. Untuk materi kali ini kita akan mencoba membuat 2 form untuk satu materi. (  *wahhhh pusing dunk mas eko -,-” keluhan sang pembaca )  *owowowow tentu tidak, semua materinya simple dan gampang kok malah kita nanti bisa dapat trik trik yang bisa dipakai dalam pembuatan program kita nanti, Langsung aja kita bahas (^o^”) *biar bisa cepat sarapan.
  • Pertama tama Buat Design Form Seperti Dibawah ini, Sebagaimana yang sudah dikatakan tadi akan ada 2 form yang dibuat yakni form_loading dan form_menu.
Design Form Loading Menggunakan Progress bar
Design Form Menu yang sangat sederhana
  • Ubah Properties namenya sebagai Berikut :
Berikut Alur Program Logikanya :
  • Pada Saat Form Loading Berjalan nanti Progress Bar akan berjalan sampai penuh.
  • Saat Progress Bar Penuh Maka Form Loading Akan Hide Dan memunculkan Form Menu Utama.
  • Pada Saat Button Keluar di Klik Pada Menu Utama akan mengeluarkan form Menu Utamadan Juga Form Loading nya, yang sebelumnya di Hide.
_______________________________________________________________________________________________
Berikut ini List Programnya :
01procedure Tfrm_loading.Timer1Timer(Sender: TObject);
02begin
03 
04if progressbar1.Position=100 then
05  begin
06    frm_menu_utama.Show;
07    frm_loading.Hide;
08    timer1.Enabled:=false;
09  end
10else
11  begin
12    progressbar1.Position:=progressbar1.Position+5;
13  end;
14 
15end;
Pada Saat Form Create Maka Progress bar berjalan sesuai dengan interval yang sudah di setting pada timer. Dan Jika sudah sampai pada batas akhir progress maka timer disable agar tidak melakukan / menjalankan code kembali. kemudian menyembunyikan form loading dan menampilkan form menu utama.
1procedure Tfrm_menu_utama.Button1Click(Sender: TObject);
2begin
3 
4  frm_loading.close;
5  frm_menu_utama.Close;
6 
7end;
Jika button Keluar di Klik maka, kita settting keluar dulu form loading baru form menu utamakarena form loading sebelumnya hanya kita sembunyikan tidak kita close. Nah Selesailah Materi kita kali ini.
Berikut Tampilah hasil Aplikasinya :
Hasil Progress Loading saat Program Dijalankan
Tampilan Hasil Aplikasi Menu Utama
Nah mudah bukan, Pastinya dunk Karena itu Belajar delphi itu menyenangkan *hehehehekarena sudah selesai akhirnya bisa sarapan pagi juga /(^.^”) ehhh tapi tunggu dulu. mau kasih tips juga untuk temen temen yang mau copy paste code program di atas bisa klik icon yang ada pada source codenya – perhatikan gambar dibawah ini.
Setelah dikilk nanti akan mencul note dari web browser temen temen yang bisa temen temen lakukan untuk pengcopyan source codenya. Kalau yang mau liat langsung aplikasi Project Delphinya monggo di download dibawah ini.

Tidak ada komentar: